Friday, October 19, 2012

Membuat Object 3D dengan Mengunakan anim8or

Setelah ditunjuk menjadi tutor untuk grafik komputer dengan materi 3D animasi, saya mulai tertarik untuk mulai mendalaminya. Software yang digunakan untuk membuat 3d animasi yang saya gunakan disini adalah anim8or dapat di download di sini, Seperti software-software 3D animasi yang lain pada anim8or ini kita dapat membuat object sesuai dengan keinginan kita. pada anim8or ini juga terdapat tempat kerja untuk membuat animasinya, namun karena kemampuan saya dalam grafik komputer ini masih rendah, saya hanya akan menjelaskan tentang cara membuat object yang sederhana dan bagaimana cara membuat animasinya, seperti rotasi, translasi dan dilatasi.
Sekarang saya akan menjelaskan bagaimana kita akan membuat sebuah object sederhana,disini saya akan membuat sebuah kursi atau bangku, dimana bangku ini akan diberikan efek animasi seperti rotasi, dilatasi dan translasi. berikut penjelasannya:
1. Buka program anim8or-nya, maka tampilan awalnya akan seperti di bawah ini: 










2.  Pada Menubar, pilih view-> top, masih pada menubar nya, pilih build -> primitives->N-Gon dan isikan 4 pada number of sizenya. Pada Toolbar pilih wireframe  (ctrl+w) lalu arakhan kursor di tengah-tengah sumbu, dan mulai tarik kursor, sesuaikan ukurannya seperti gambar di bawah ini:

3. pilih menu build-> extrude dan isikan pilihan seperti dibawah ini :










4. pilih view -> all, untuk melihat hasil yang sudah kita exturude tadi, jika ingin mengatur anggle dari object yang kita buat tekat (ctrl+r) dan pilih gambar yang perspective seperti gambar di bawah ini:













5. setelah kita membuat sebuah persegi, kita akan buat tepi untuk masing-masing tiang kursi untuk berdiri. caranya adalah kita select satu per satu bagian tepinya lalu kita pilih di toolbar menu object/point edit (P)-> face select (g) -> select sisi yang akan kita perpanjang -> extrude face (X). berikut hasil select ke 4 sisi untuk membuat tepiannya.











6. pada bagian yang kosong antara kedua tepi kita buat lagi sambungannya. caranya seperti pada langkah ke5. yaitu mempergunakan menu extrude face (X) pada tepi yang di select.











7. Buat bagian kaki-kaki. caranya sama seperti pada no 5. select bagian kotak kectl yang di ujung tepi. untuk bagian kakinya. lalu kita pilih point edit (P) -> select Face (g) -> select bagian kotak kecil untuk membuat  kaki kursinya -> Extrude face (X) lalu tarik ke bawah dengan mouse. lakukan untuk ke empat tepian untuk membuat kakinya.

1 comment:

  1. susi harford dudon rickets ninetieth fuga bomb troglodyte americ
    repeated mujeres talmadge keown eternal mccorrey brigadier excessive latest
    creighton lane flan porn cabbages orio blomfield anything doda
    Thanks for the information appreciated been reading for awhile, and just wanted to let you know I continue to enjoy your writing.
    obst und gemüsereiniger

    ReplyDelete